29 February 2024
Mazda Deta - Mobil merupakan salah satu moda transportasi yang saat ini banyak digunakan oleh banyak orang, baik untuk aktivitas sehari-hari maupun jalan-jalan bersama teman dan keluarga. Namun, perjalanan tidak selalu mulus dan bebas masalah.
Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap pelancong untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya.
Salah satu cara untuk memastikan peralatan yang sangat dibutuhkan di dalam mobil Anda. Artikel kali ini akan membahas barang penting yang harus selalu ada di mobil Anda setiap kali bepergian.
Baca juga: Sebelum Perjalanan Cek Hal Penting pada Mobil Anda
Peralatan standar yang sebaiknya ada di dalam mobil
Peralatan standar yang sebaiknya ada di dalam mobil dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan, tetapi berikut adalah beberapa peralatan yang umumnya dianggap penting untuk dimiliki:
Termasuk ban serep, dongkrak, dan kunci roda. Ini penting untuk mengganti ban yang bocor atau mengalami masalah lain di jalan. Anda tidak pernah tau kapan akan diperlukan.
Dalam situasi darurat, Anda bisa mengganti ban yang rusak dengan ban cadangan supaya bisa melanjutkan perjalanan.
Kit Pertolongan Pertama atau kotak P3K Termasuk plester, perban, antiseptik, gunting, obat maag, obat-obatan dasar, dan obat-obatan pribadi yang sedang dikonsumsi sesuai penyakit yang diderita.
Ini penting untuk memberikan bantuan pertama dalam kecelakaan atau kejadian darurat lainnya.
Termasuk palu kaca darurat untuk memecahkan kaca mobil, sabuk pengaman, payung, selimut, dan lampu senter. Ini penting jika Anda terperangkap di dalam mobil dalam keadaan darurat.
Untuk menyalakan mobil jika baterai mati. Ini bisa sangat membantu jika mengalami masalah baterai saat bepergian.
Fungsi kabel jumper adalah untuk menghubungkan aki mobil yang mati dengan aki dari mobil lain yang masih hidup.
Dengan cara ini, Anda dapat menghidupkan kembali mesin mobil Anda. Pastikan Anda tahu cara menggunakan kabel jumper yang benar dan aman untuk menghindari kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.
Baca juga: Tips Berkendara Aman di Malam Hari, Cara Hilangkan Kantuk saat Mengemudi
Termasuk pemadam kebakaran portabel, kain lap, dan wiper kaca. Ini membantu dalam situasi darurat atau perawatan dasar mobil.
Sedangkan, Safety triangle atau segitiga pengaman adalah tanda peringatan yang biasanya diletakkan di belakang mobil Anda jika mobil terpaksa berhenti di bahu jalan atau terjadi situasi darurat lainnya. Fungsinya adalah untuk memberi tahu pengemudi lain bahwa ada kendaraan yang bermasalah di depan mereka.
Penting untuk tetap terhubung dan dapat menghubungi bantuan darurat jika diperlukan. Ponsel dapat digunakan untuk navigasi dan penentuan rute, terutama saat bepergian jauh atau ke tempat yang tidak dikenal.
Tidak jarang pengemudi mengandalkan smartphone sebagai pemandu navigasi mereka. Keberadaan charger di dalam mobil bisa memastikan smartphone selalu bisa digunakan saat berkendara.
Namun, perlu diingat bahwa menggunakan smartphone selain untuk membantu navigasi beresiko menimbulkan kecelakaan.
Kebakaran bisa terjadi akibat korsleting listrik atau masalah lainnya. Alat Pemadam Api Ringan atau APAR dapat membantu Anda memadamkan api sebelum api semakin membesar dan sulit dikendalikan.
Seperti SIM, STNK, dan asuransi kendaraan, harus selalu ada di dalam mobil untuk menghindari masalah hukum atau administrasi.
Sedangkan buku manual ini berisi informasi tentang perawatan rutin, spesifikasi, cara penggunaan fitur, dan cara mengatasi masalah umum.
Buku ini bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat jika Anda menghadapi masalah atau memiliki pertanyaan tentang mobil Anda.
Penting untuk memastikan Anda tetap terhidrasi dan memiliki energi saat dalam perjalanan yang panjang atau terjebak dalam kemacetan.
Termasuk kantong plastik, tisu basah, tisu kering, dan kertas toilet. Ini membantu dalam situasi darurat atau kebersihan yang tidak terduga.
Pastikan untuk memeriksa dan mengganti peralatan standar secara berkala untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan saat dibutuhkan. Selain itu, selalu penting untuk memahami cara menggunakan peralatan tersebut dengan benar.
***
Jika berencana membeli mobil Mazda, Anda tidak perlu khawatir lagi. Dealer resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848
Tags: tips otomotif
28 February 2024
ArtikelTahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.
28 February 2024
ArtikelDaftar harga dan spesifikasi yang tersedia di Mazda Deta Pagar Alam 2024. Temukan kendaraan Mazda terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda hanya di sini.