Logo

17 September 2023

Tips Berkendara Aman di Malam Hari, Cara Hilangkan Kantuk saat Mengemudi

Artikel

Mazda Deta - Bagi sebagian orang, mengemudi di malam hari dirasa lebih melelahkan dibanding mengemudi di siang hari. Terutama dalam hal jarak pandang dan konsentrasi mata.

Tetapi, karena keharusan dan tuntutan pekerjaan, mau tidak mau mengemudi di malam hari harus dijalani.

Tentunya Kamu tetap harus menjaga fokus dan berusaha agar bisa mengendalikan laju mobil secara stabil, apalagi jika perjalanan yang dituju sangatlah jauh.

Hal ini penting dilakukan demi menjaga keselamatan diri sendiri juga orang lain ketika nyetir mobil malam hari.

Baca juga: Begini Tips Aman Saat Melintasi Rel Kereta Api

Tips Berkendara saat Malam Hari

Agar bisa sampai di tujuan dengan aman dan selamat, maka pastikan untuk selalu berhati-hati ketika mengemudi mobil malam hari.

Apalagi di waktu malam menyetir mobil di malam hari sering kali melewati kondisi jalanan sepi sehingga orang-orang tidak waspada kewaspadaan pengemudi menurun dan mengendarai kendaraan dengan mereka sesuka hati.

Berikut ini tips berkendara di malam hari, diantaranya adalah:

  1. Sebelum berangkat, pastikan kondisi mobil baik, terutama sistem perlampuan. Cek lampu sein, lampu rem, dan lampu depan mobil. Jika ada salah satu lampu yang tidak berfungsi, segera perbaiki. Ingat, lampu mobil yang baik amat vital bagi perjalanan malam hari.
  2. Pastikan kondisi badan Anda fit dan cukup tidur. Sempatkan untuk tidur siang secukupnya.
  3. Bawa teman dan usahakan jangan sendirian di mobil supaya Anda punya teman ngobrol untuk mengusir kantuk. Syukur-syukur teman Anda juga mahir mengendarai mobil sehingga bisa menyetir bergantian.
  4. Pastikan Anda memahami rute yang akan dilalui.
  5. Jika baru pertama kali melalui rute jalan yang akan dilewati, lajukan mobil dengan kecepatan wajar. Ngebut di jalan yang baru pertama kali dilewati sangat besar risikonya. Kita belum paham letak tanjakan, turunan, tikungan, jalan berlubang, dan lain-lainnya.
  6. Jika saat mengemudi lalu mengantuk, lakukan treatment yang bisa menghilangkan rasa kantuk.
  7. Gunakan lampu jauh seperlunya saja. Penggunaan lampu jauh sangat sensitif sekali bagi pengendara dari arah yang berlawanan.
  8. Kondisi jalan di malam hari biasanya relatif sepi, tapi Anda tak boleh lengah dan kurang memperhatikan sekeliling.
  9. Sadarilah bahwa pengguna jalan lainnya mungkin berperilaku tidak menentu, jadi bersiaplah untuk memberi lebih banyak ruang untuk mereka.
  10. Jika menempuh perjalanan jauh, berhentilah secara rutin tiap 2 jam untuk mengistirahatkan mata.
  11. Jaga etika dan aturan berkendara di jalan raya.
  12. Jika sering melakukan perjalanan di malam hari, periksalah kesehatan mata secara rutin.

Baca juga: Butuh Perhatian, Inilah Tips Merawat Ban Serep

Cara Menghindari Rasa Kantuk saat Berkendara

Jika merasakan ciri-ciri di atas, lakukan beberapa tips berikut untuk melawan rasa kantuk:

1. Posisi mengemudi

Mengemudilah dalam posisi tangan berimbang. Imbang dalam memegang kemudi yaitu posisi tangan ada di jam 9 dan jam 3. Letakkan siku kanan di bahu sandaran pintu mobil untuk membantu kestabilan arah kemudi.

2. Makan permen

Siapkan permen rasa mint, kopi, atau permen jenis lain di mobil Anda. Gerakan mengunyah permen bisa mengurangi kantuk.

3. Lakukan senam lidah

Caranya, gunakan ujung lidah untuk menggelitik langit-langit mulut. Gerakan lidah ini akan merangsang sel-sel saraf otak agar kita tidak mengantuk. Jika ada teman perjalanan, Anda bisa minta tolong untuk memijat area tengkuk dan belakang kepala Anda.

4. Lakukan exercise

Jika ada kesempatan untuk berhenti, lakukanlah exercise berupa gerakan-gerakan ringan pada kepala, tangan, tubuh, dan kaki. Cara ini efektif untuk menghilangkan rasa kantuk.

Jika upaya untuk menghilangkan kantuk tidak membuahkan hasil, segera hentikan kendaraan di tempat yang aman. Beristirahatlah sampai kantuk hilang.

Anda juga bisa bergantian mengemudikan kendaraan dengan penumpang di dalam mobil. Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan jauh,  risiko mengantuk dalam mengemudi tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan yang lain.

Itulah tadi tips otomotif dari Mazda Deta tentang cara berkendara aman di malam hari, cara hilangkan kantuk saat mengemudi. Semoga bermanfaat!

Kunjungi dealer mobil Mazda terkemuka di Lampung dan Jakarta. Lampung: Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta:  Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat untuk melakukan perawatan berkala pada mobil mazda Anda.

Mazda Deta memiliki berbagai macam kendaraan Mazda baru dan berkualitas, dan tim kami yang ramah dapat menjawab semua pertanyaan Anda, hubungi kami di customer service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848.

 

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta