Logo

09 September 2023

Cara Menghindari Karat pada Kerangka Kendaraan

Artikel

Mazda Deta - Karat atau korosi pada mobil adalah masalah serius yang dapat menyebabkan berbagai risiko dan kerusakan.

Karat adalah hasil dari suatu proses yang disebut korosi, yang merupakan reaksi kimia antara logam dengan oksigen di udara atau air. Proses ini menghasilkan senyawa oksida, yang pada kasus besi, disebut sebagai karat (feri oksida atau Fe2O3).

Pada rangka mobil dapat berkarat karena kontak dengan air, garam, oksigen, dan elemen-elemen lainnya.

Ketika karat terjadi, penting untuk mengatasinya secepat mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada rangka atau bagian kendaraan lainnya.

Baca juga: Fitur Keselamatan, Teknologi Ini Hanya Dimiliki Mazda

Berikut adalah beberapa bahaya dari karat atau korosi pada mobil:

Bahaya karat atau korosi pada mobil

  1. Karat dapat merusak integritas struktural kendaraan. Ini dapat mempengaruhi keamanan penumpang dalam kasus kecelakaan, karena struktur yang terkikis dapat mengurangi kemampuan kendaraan untuk menyerap energi benturan.
  2. Karat dapat menyebar ke bagian-bagian vital seperti rem, suspensi, dan sistem pengereman, menyebabkan mereka tidak berfungsi dengan baik atau bahkan gagal sepenuhnya.
  3. Karat yang menutupi komponen seperti knalpot atau sistem pembakaran dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar kendaraan.
  4. Kendaraan dengan karat atau korosi akan memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan dalam kondisi baik.
  5. Memperbaiki kerusakan akibat korosi dapat menjadi biaya yang tinggi. Jika karat sudah menyebar terlalu jauh, Anda mungkin perlu mengganti bagian kendaraan atau bahkan mempertimbangkan untuk mengganti seluruh kendaraan.
  6. Karat tidak selalu terlihat dengan mata telanjang. Kadang-kadang, kerusakan terjadi di bawah lapisan cat atau di tempat-tempat yang sulit dijangkau tanpa inspeksi yang cermat.
  7. Karat dapat merusak tampilan kendaraan, mengurangi daya tarik visual dan mengurangi kebanggaan pemilik terhadap kendaraannya.
  8. Bahan kimia dan partikel dari karat dapat mencemari lingkungan jika tidak ditangani dengan benar.

Oleh karena itu, penting untuk mencegah dan mengatasi karat pada mobil segera setelah Anda mengetahui adanya tanda-tanda korosi. Perawatan dan perbaikan rutin adalah kunci untuk menjaga kendaraan tetap aman dan berkinerja optimal.

rangka mobil mazda

Baca juga: Komitmen Mazda untuk Kualitas dan Kepuasan Pelanggan

Cara menghindari karat pada kerangka kendaraan

Untuk menghindari karat pada kerangka kendaraan, Anda dapat mengikuti beberapa langkah pencegahan dan perawatan rutin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1.  Cuci Kendaraan Secara Teratur

Bersihkan kendaraan secara teratur untuk menghilangkan debu, kotoran, garam, dan zat-zat kimia lain yang dapat menyebabkan karat.

2. Lakukan Waxing secara Rutin

Melakukan waxing kendaraan dapat membentuk lapisan pelindung yang dapat menghalangi air dan zat-zat korosif lainnya untuk bersentuhan langsung dengan permukaan kendaraan.

3. Hindari Kontak dengan Zat Korosif

Hindari parkir kendaraan di tempat-tempat dengan kelembaban tinggi atau dekat pantai, karena udara yang mengandung garam laut dapat mempercepat proses korosi.

4. Periksa dan Perbaiki Cacat atau Kerusakan Secepatnya

Periksa kendaraan secara teratur untuk memastikan tidak ada goresan atau kerusakan pada cat atau lapisan pelindung. Segera perbaiki jika ditemukan masalah.

5. Gunakan Produk Anti-Karat

Anda dapat menggunakan produk pencegah karat atau pelapis anti-karat yang tersedia di pasaran. Pastikan produk ini cocok untuk material kendaraan Anda.

6. Pentingkan Perawatan Bagian Bawah Kendaraan

Bagian bawah kendaraan adalah area yang rentan terhadap karat karena terpapar debu, kotoran, dan air selama penggunaan. Pastikan area ini tetap bersih dan diawasi.

7. Bersihkan dan Bilas Kendaraan Setelah Mengalami Paparan Bahan Kimia atau Air Laut

Jika kendaraan terpapar bahan kimia atau air laut, segera bersihkan dan bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa yang dapat menyebabkan korosi.

8. Lakukan Pengecatan Ulang secara Berkala

Pengecatan ulang kendaraan secara berkala dapat membantu menjaga permukaan dan memberikan lapisan perlindungan tambahan.

9. Simpan Kendaraan di Tempat yang Tertutup dan Kering

Simpan kendaraan di garasi atau tempat yang terlindung dari elemen alam seperti hujan dan sinar matahari langsung.

10. Pemeliharaan Rutin pada Lapisan Anti-Karat dan Pelindung

Jika kendaraan dilengkapi dengan lapisan anti-karat atau perlindungan khusus, pastikan untuk melakukan pemeliharaan sesuai petunjuk produsen.

Untuk mencegah atau mengurangi korosi, perawatan dan perbaikan rutin, penggunaan lapisan anti-karat, dan pencegahan terhadap paparan elemen korosif sangat penting.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat membantu melindungi kerangka kendaraan Anda dari karat dan memperpanjang umur pakaiannya.

Itulah tadi tips otomotif dari Mazda Deta tentang cara menghindari karat pada kerangka kendaraan. Semoga bermanfaat!

Kunjungi dealer mobil Mazda terkemuka di Lampung dan Jakarta. Lampung: Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta:  Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat untuk melakukan perawatan berkala pada mobil mazda Anda.

Mazda Deta memiliki berbagai macam kendaraan Mazda baru dan berkualitas, dan tim kami yang ramah dapat menjawab semua pertanyaan Anda, hubungi kami di customer service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848.

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta