Logo

19 January 2023

Mengenal Teknologi SKYACTIV Mazda dan Keunggulannya

Artikel

Mazda Deta - Mazda memiliki teknologi andalan bernama SKYACTIV. Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa itu teknologi SKYACTIV yang dibenamkan oleh Mazda pada mobil-mobil rakitannya?

Teknologi SKYACTIV memiliki performa dan efisiensi yang lebih baik tanpa harus menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Tujuan dari teknologi SKYACTIV yaitu untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar dan emisi mesin.

SKYACTIV Technology di Mazda adalah segala sesuatu yang efisien pada mobil seperti di mesin, transmisi, sasis, dan bodi mobil.

 Selain mesin, Mazda juga menghadirkan teknologi SKYACTIV untuk bagian lain pada komponen mobil seperti sasis, body, dan transmisi.

Lebih jelasnya, berikut beberapa tipe penerapan dan keunggulan teknologi SKYACTIV yang dihadirkan Mazda:

SKYACTIV G

SKYACTIV-G

SKYACTIV G merupakan generasi terbaru dari teknologi SKYACTIV. SKYACTIV G memiliki mesin kompresi bahan bakar dengan rasio 14:1.

Efesiensi bahan bakar meningkat 15 persen, ditambah dengan sistem pembuangan 4-2-1, dimana sistem pembuangan tersebut tidak tersedia di tipe sebelumnya.

Sistem saluran 4-2-1 berasal saluran pembuangan dari 4 silinder dalam mesin, lalu dibagi menjadi dua kelompok yang akhirnya 2 kelompok tersebut akan menjadi satu.

Misalnya pada Mazda6 dan Mazda CX-5 teknologi SKYACTIV G 2.5 mampu meningkatkan torsi pada putaran tosri rendah.

Dengan bahan bakar bensin RON 95 torsi sudah sampai 250Nm hanya di 3.250 rpm. Pada 1.500 rpm dengan teknologi SKYACTIV G torsi sudah mencapai 200Nm. Dan itu tidak terjadi pada mesin kendaraan lain yan non-turbo.

Baca juga: Arti dan Fungsi Lampu Indikator pada Mobil Mazda

SKYACTIV D

SKYACTIV G

SKYACTIV D dengan teknologi terbaru berlaku untuk semua mobil-mobil Mazda bermesin diesel. Pada mesin ini, Mazda menggunakan pipa injeksi yang lebih kecil sehingga partikel-partikel bahan bakar yang keluar juga lebih kecil.

Partikel-partikel yang lebih halus tersebut membuatnya lebih mudah terbakar. Akibatnya, torsi . meningkat di putaran mesin rendah dan menengan, serta lebih efisien bahan bakar.

Dengan menggunakan mesin diesel berkompresi paling rendah di dunia, membuat mesin SKYACTIV D sangat efisien dan mampu melengkapi peraturan gas emisi secara global tanpa perlu menambahkan perangkat pengurang NOx yang harganya relatif mahal.

SKYACTIV memiliki mesin kompresi rendah dengan rasio 14:1, teknologi dua tingkat turbocharger, putaran puncak mesin hingga 5.200 rpm, membuat efesiensi bahan bakar dua puluh persen lebih baik.

SKYACTIV Drive

SKYACTIV Drive

Mesin Transmisi yang kompak, memungkinkan perpindahan gigi cepat dan halus. Kekompakan mesin transmisi disebabkan oleh kombinasi dari mesin transmisi automatis konvensional, variable transmisi berkelanjutan, dan dual clutch transimisi.

Transmisi ini juga menciptakan efisiensi bahan bakar yang tinggi sehingga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar keseluruhan.

SKYACTIV MT

SKYACTIV MT

Dibandingkan dengn SKYACTIV Drive yang diperuntukkan untuk mobil bermesin transmisi otomatis, SKYACTIV MT diperuntukkan untuk mobil dengan transmisi manual.

Perpindahan gigi pada SKYACTIV MT tergolong ringan dan enteng, seperti  menggunakan mobil sport.

Baca juga: Mobil Mazda yang ada Sunroof dan Moonroof

SKYACTIV Body

SKYACTIV Body

Mazda menggunakan material baja high tensil yang paling tipis di kelasnya. Baja high tensil digunakan pada hampir semua suku cadang Mazda, menghasilkan pengurangan beban body mobil yang signifikan.

SKYACTIV Body

Hasilnya, rangka body Mazda delapan persen lebih ringan, tiga puluh persen lebih kuat.

SKYACTIV Chasis

SKYACTIV Chasis

Dalam rangka menyatukan mesin dan pengendara untuk meningkatkan pengalaman berkendara yang lebih baik, Mazda meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada chasis dengan berlandaskan pada beberapa konsep.

Konsep tersebut adalah kombinasi kelincahan kecepatan rendah hingga tinggi dan stabilitas kecepatan tinggi, keseimbangan kenyamanan berkendara dalam trabulitas kesepatan tinggi, serta penggabungan penurunan bobot bodi dan kekuatan bodi yang baik.

Semua teknologi SKYACTIV tersebut saling terintergasi satu sama lain dalam kendali pengemudi, yang disebut SKYACTIV Vehicle Dynamics.

Keseluruhan konsep tersebut memberikan kenyamanan berkendara bagi pengendara dengan tingkat keamanan performa yang sangat baik, dan meningkatkan ketenangan pikiran berkat gerakan kendaraan yang stabil.

Jika Sahabat tertarik dan dan ingin membeli dan service resmi mobil Mazda, temukan promo dan booking servis di Dealer Mazda Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung.

Tags: Mazda, Mazda SkyActiv

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta