Logo

22 December 2023

Mengenal Warna Merah yang Menjadi Jiwa Mobil Mazda Ada Soul Red dan Soul Red Crystal

Artikel

Mazda Deta - Warna merah menjadi bagian dari sejarah mobil Mazda. Dari mobil penumpang pertama R360 Coupe 1960 hingga jajaran SKYACTIV warna merah selalu menjadi jiwa Mazda. 

Dalam budaya Jepang, merah melambangkan kekuatan, gairah dan juga menggambarkan matahari pada bendera nasional mereka. 

Mazda sendiri percaya bahwa cat adalah salah satu elemen kunci. Karena itu Mazda bertekad untuk menghadirkan warna merah yang indah serta memberikan jiwa dan semangat yang lebih hidup ke dalam desain KODO.

Selama dekade terakhir, para engineer Mazda telah bekerja keras untuk mengembangkan dua warna merah. Dan kini kerja keras mereka telah membuahkan hasil dengan terciptanya warna Soul Red dan yang terbaru Soul Red Crystal.

Warna Soul Red

Pada 2013 lalu Soul Red Premium Metallic, warna premium Mazda pendahulu  Soul Red Crystal memenangkan penghargaan Auto Color Designers’ Selection di segmen eksterior Auto Color Awards 2013. 

Mazda Soul Red

Soul red memiliki perpaduan unik antara tembus cahaya dan kedalaman warna. Ini karena lapisan cat soul red metallic terdiri dari tiga lapisan yang berbeda sekali dari lapisan cat umumnya, yang hanya terdiri dari dua lapis. 

Pada soul red metallic, terdapat dua lapisan dasar yang memiliki komposisi dan fungsi yang unik dan berbeda. Pada lapisan dasar  menggunakan cat semi transparan dilapisi pada lapisan pemantul yang terdiri dari serpihan aluminium yang tersusun teratur. 

Mazda Soul Red Mettalic

Lalu pada lapisan di atasnya memiliki fungsi transparan dan mengandung pigmen merah kroma tinggi. Cahaya yang masuk ke dalam beberapa lapisan ini menciptakan kontras kuat yang memberikan warna dan kedalaman khas dari Soul Red.

Untuk menerapkan warna ini kepada mobil penumpang secara massal Mazda menggunakan TAKUMINURI, teknologi pengecatan robotik mutakhir.

TAKUMINURI menggunakan data yang diperoleh melalui simulasi pengecatan yang dilakukan oleh pelukis manusia berpengalaman – seperti distribusi ketebalan lapisan – untuk menyempurnakan pengecatan robotik. Berdasarkan data tersebut, proses pengecatan untuk setiap bagian direformasi dan sistem pengendalian baru dikembangkan.

Warna Soul Red mempunyai kode cat 41V.

Baca juga: Fakta Unik Tentang Mobil Mazda yang Jarang Diketahui

Warna Soul Red Crystal

Setelah berhasil dengan warna Soul Red, para engineer Mazda mengembangkan warna merah baru, Soul Red Crystal. Warna Soul Red Crystal ini mengekspresikan semangat dan energi dengan peningkatan kedalaman dan kilap, sekaligus menonjolkan keindahan dan kecanggihan desain KODO—Soul of Motion.

“Desain warna dan bentuk harus bekerja sama,” kata Teresa Spafford, manajer desain untuk warna, material dan penyelesaian akhir, serta perencanaan desain tingkat lanjut di Mazda North American Operations seperti dikutip dari Inside Mazda.

“Harus ada keharmonisan di antara mereka. Desain warna dan formulasi cat justru bisa menyembunyikan karya halus desainer. Mazda berada dalam kondisi terbaiknya dalam mengendalikan gerakan dan warna serta melihat desain yang dihasilkan.”

Mazda 3 Soul Red Crystal

Pengecatan Soul Red Crystal ini masih mempertahankan teknik pengakplikasian dalam proses tiga langkah yang menggabungkan teknik berkualitas tinggi dan meningkatkan perhatian terhadap detail. 

Soul Red Crystal menampilkan serpihan aluminium yang sangat tipis, semuanya dibuat dengan ukuran yang seragam. Konsistensi cat ditingkatkan dan berkontribusi pada keseragaman lapisan. 

Mazda soul red crystal

Mazda juga berupaya mengurangi waktu yang dibutuhkan cat untuk mengering, sebuah teknik diterapkan untuk mengecilkan volume cat. Ini merupakan bagian dari kontribusi Mazda terhadap penurunan emisi karbon dan pekerjaan pengecatan lebih cepat.

Dikutip dari hdpaintcode.com, kode cat warna Soul Red Crystal adalah 46V.

Itulah tadi penjelasan warna merah yang menjadi jiwa mobil Mazda, semoga bermanfaat! Jika berencana membeli mobil Mazda, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Service resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: Mazda CX 5, Mazda CX 3, Mazda

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta