Logo

29 January 2024

Musim Hujan, Kenali Simbol dan Kode di Tuas Wiper Mobil Mazda

Artikel

Mazda Deta - Saat ini di wilayah Indonesia memasuki musim hujan. Kondisi ini mesti menjadi perhatian pengendara mobil salah satunya dengan memahami simbol dan kode tuas di wiper.

Wiper mempunyai fungsi untuk menyibak air agar mendapat pandangan terbaik saat berkendara di kondisi hujan. Untuk mengaktifkan wiper baik di kaca depan maupun belakang menggunakan tuas yang terletak di belakang setir bagian kanan atau kiri.

Pada tuas wiper terdapat simbol dan kode yang mewakili sejumlah fungsi atau kerja wiper. Nah, bagi pemilik mobil Mazda tentu perlu mengetahui arti serta fungsi dari simbol dan kode di tuas wiper.

1. MIST

MIST merupakan simbol yang terletak di bagian paling atas. Mist merupakan pengoperasian wiper yang hanya sekali sapuan setiap kali diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya fungsi ini dari posisi OFF, Anda cukup menggeser tuas wiper ke atas satu kali saja. Begitu dilepas tuas kembali ke posisi OFF. 

Fungsi Mist digunakan ketika melewati jalan berkabut atau saat ada titik-titik air hujan di kaca depan.

2. INT

Simbol INT merupakan singkatan Intermittent yang merupakan mode yang dipakai  ketika titik-titik air yang jatuh di kaca depan masih sedikit untuk dihapus dengan sapuan wiper pada mode paling lambat sekalipun.

Cara mengaktifkan mode ini tinggal geser tuas wiper dari OFF ke posisi INT. Pada mode Intermittent ini wiper bergerak menyapu kaca depan dalam interval waktu tertentu. 

Pada mobil Mazda seperti Mazda 3 atau Mazda CX-5 terdapat fitur pengatur kecepatan intermitten, dari yang paling lambat hingga cepat. Pengaturan tersebut disimbolkan dalam beberapa kotak.

pengaturan interval INT wiper mobil Mazda

Semakin besar kotak interval wiper bekerja semakin lama. Cara mengatur interval pada mobil Mazda terdapat switch di di tengah tuas pengoperasian wiper.

3. LO dan HI

Ketika hujan mulai mengguyur LO dan HI ini bisa dipakai. Keduanya merupakan simbol untuk fungsi wiper yang bekerja terus menerus mengusir air di kaca depan. 
Perbedaan LO dan HI ini terletak pada kecepatan gerak wiper. Posisi LO digunakan ketika hujan deras mengguyur. Sedang HI dipakai ketika hujan semakin deras dan pandangan mulai berkurang.

4. AUTO

Pada mobil Mazda terdapat simbol AUTO yang berarti wiper bekerja otomatis karena dibekali teknologi rain sensing wiper. Untuk mengaktifkan fitur rain sensing wiper ini dilakukan melalui MZD connect melalui menu Setting dan Vehicle Setting.

Setelah fitur ini aktif maka fungsi AUTO juga dapat berfungsi. Di mana kecepatan gerakan wiper diatur komputer mobil agar sesuai dengan banyaknya air hujan yang mengenai kaca mobil.

Baca juga: Bolehkah Air Sabun untuk Wiper Mobil? Ini Penjelasannya

5. REAR

REAR merupakan simbol tuas untuk wiper di kaca belakang. Untuk mengaktifkannya, umumnya dengan memutar tuas yang ada di ujung. 

6. Pembersih Kaca Depan dan Belakang

Fungsi yang tidak kalah penting pada tuas wiper adalah menyalakan pembersih kaca depan dan belakang. Cara menggunakan fungsi ini pada mobil Mazda cukup tarik tuas ke arah Anda dan air pembersih kaca depan akan disemprotkan dan wiper akan aktif menyeka air yang disemprotkan untuk membersihkan kaca depan tersebut.

Untuk bagian belakang juga sama. Cara dengan terlebih dahulu mengaktifkan REAR lalu tarik tuas, air pembersih akan keluar dan wiper bekerja menyibakkan air.

Jika berencana membeli mobil Mazda, kamu tidak perlu khawatir lagi, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: Mazda CX 3, Mazda 3 Hatchback, tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta