04 February 2023
Mazda Deta - Setiap kendaraan tentunya perlu dirawat untuk mempertahankan masa pakai yang lama.
Biaya servis kendaraan otomotif dapat sangat bervariasi berdasarkan jenis, merek, dan jarak tempuh kendaraan.
Pengguna kendaraan akan mendapat manfaat dalam berbagai cara dari perawatan rutin, untuk informasi lebih lanjut, baca artikel di bawah ini.
Baca juga: Jenis Transmisi Mobil serta Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Perawatan
Servis berkala secara rutin memiliki beberapa manfaat, antara lain:
Servis berkala membantu menjaga mesin mobil agar selalu bekerja dengan baik dan memastikan performa mesin tetap optimal.
Sparepart atau komponen mobil memiliki penurunan kualitas seiring dengan jarak pemakaian.
Sparepart yang rusak bisa terdeteksi melalui servis secara berkala. Saat servis mobil, bengkel akan melakukan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen bila diperlukan.
Dengan begitu, mobil tetap dalam kondisi prima dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.
Servis berkala membantu menjaga kondisi mobil dalam keadaan baik, sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan yang lebih serius dan menjaga nilai jual mobil.
Servis berkala memastikan bahwa sistem keamanan mobil seperti rem, sistem pengereman, dan sistem suspensi bekerja dengan baik, sehingga memastikan keamanan pengemudi dan penumpang.
Servis berkala membantu memperpanjang umur mobil dengan memastikan bahwa komponen dan sistem mobil berfungsi dengan baik dan bekerja dengan efisien.
Servis berkala membantu mencegah biaya perbaikan yang lebih besar karena kerusakan yang terdeteksi lebih awal dapat diperbaiki sebelum menjadi masalah yang lebih besar dan lebih mahal.
Interval servis berkala untuk mobil biasanya ditentukan oleh pabrikan dan dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil.
Sebaiknya, servis berkala dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam kondisi baik dan untuk menghindari masalah atau kerusakan yang lebih besar pada mesin atau sistem lainnya.
Namun, interval servis berkala dapat berbeda-beda dan dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik mobil atau dapat dikonsultasikan dengan bengkel resmi. Dan berikut menjawab kapan harus ke bengkel untuk melakukan servis.
Diawal pembelian mobil baru servis berkala untuk mobil dimulai dari servis dengan jangka waktu 1 bulan atau 1.000 km sejak kendaaran diserah terima.
Baca juga: Bahan Pembersih Jamur Kaca Mobil
Selanjutnya, servis berkala direkomendasikan setiap 5 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu terhitung dari service pertama.
Selanjutnya, servis berkala direkomendasikan setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Servis 6 bulan sekali atau tiap kilometer 10.000 km terus dilakukan seterusnya.
Saat ada keluhan pada kendaraan Anda sebaiknya datang ke bengkel resmi untuk menyampaikan permasalahan pada mobil Anda. Hal ini dilakukan supaya mobil tetap dalam kondisi prima dan memberi jaminan rasa aman dan nyaman kepada pengendara.
Pada kesempatan tertentu, biasanya bengkel mobil resmi akan melakukan promo dalam rangka perayaan hari besar tertentu.
Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan servis maupun mangganti bagian tertentu pada mobil kamu.
Selain promo, paket servis yang ditawarkan oleh bengkel cenderung lebih murah ketimbang melakukan satu jenis servis yang Anda inginkan.
Cara menghemat biaya servis mobil tersebut bisa kamu jadikan alternatif penghematan biaya.
Baca juga: Tips Mengemudi Mobil untuk Pemula
Pada waktu servis mobil berkala di bengkel resmi Mazda Deta, pihak bengkel menemukan salah satu sparepart yang sudah lawas dan perlu diganti, maka mereka akan meminta persetujuan pemilik mobil untuk melakukan penggantian.
Sparepart yang harus diganti saat servis berkala bervariasi tergantung pada merek dan model mobil, serta kondisi dan usia mobil. Namun, beberapa sparepart yang sering diganti saat servis berkala meliputi:
Ini hanya beberapa contoh sparepart yang sering diganti saat servis berkala. Daftar sparepart yang harus diganti pada setiap servis berkala dapat berbeda-beda dan dapat ditemukan dalam buku panduan pemilik mobil atau dapat dikonsultasikan dengan bengkel resmi Mazda Deta terdekat.
Temukan promo dan booking servis di Dealer Mazda Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848
29 February 2024
ArtikelSangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.
28 February 2024
ArtikelTahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.