Logo

29 November 2023

Agar Perjalanan Mudik Natal dan Tahun Baru Aman, Cek Dulu Kondisi  Mobil Anda

Artikel

Mazda Deta - Libur Natal 2023 dan Tahun Baru menjadi kesempatan untuk mudik ke kampung halaman. Mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi pilihan.

Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan mobil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi mobil. Hal ini agar perjalanan mudik aman dan nyaman.

Jika Anda akan melakukan perjalanan mudik Nataru berikut ini tips mungkin akan sedikit membantu Anda.

Cek Kondisi Mobil dalam Keadaan Baik

Sebelum melakukan perjalanan mudik Nataru pastikan untuk mengecek kondisi mobil apakah dalam keadaan baik atau bermasalah. Anda bisa melakukan pengecekan secara menyeluruh dengan membawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

Hal ini menjadi semakin penting jika mengingat perjalanan jauh saat mudik dengan kondisi mobil yang tidak layak berisiko mengalami kecelakaan di jalan. Maka dari itu penting untuk selalu diingat kondisi mobil merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga di kala mudik.

Lalu apa saja komponen yang harus dicek? Yang jelas komponen-komponen penting dalam mobil mulai dari mesin, oli, ban, rem hingga fitur keselamatan seperti air bag perlu diperiksa untuk memastikan berfungsi dengan baik.

Selain memeriksa kondisi mobil dan melakukan perbaikan jika ada kerusakan, penting juga untuk menyiapkan kelengkapan tambahan sebagai tindak pencegahan jika mobil mengalami masalah di perjalanan, seperti ban serep, tuas pembuka kunci roda, dongkrak, atau kabel jumper aki.

Cek kondisi mobil mudik

Berikut daftar lengkap komponen yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan mudik Nataru:

  • Sistem rem: Pastikan sistem rem berfungsi dengan baik, rem tidak aus, dan kampas rem masih cukup tebal. Cek juga fitur keselamatan seperti di mobil Mazda yakni Smart City Brake Support (SCBS) berfungsi. Sistem rem dan fitur keselamatan yang baik adalah kunci keselamatan selama perjalanan.
  • Ban: Cek kondisi ban mulai dari tekanan hingga apakah ban kempes atau mulai aus. Segera ganti ban jika menunjukkan tanda keausan.
  • Kelistrikan: Pastikan sistem kelistrikan mobil berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, belakang, dan rem. Jangan lupa untuk membawa alat-alat listrik yang diperlukan seperti charger ponsel, power bank dan sebagainya.
  • Oli: Periksa kadar oli mesin, pastikan masih mencukupi dan oli mesin tidak terlalu kotor.
  • Radiator: Pastikan cairan pendingin radiator masih cukup dan radiator tidak bocor atau berkarat.
  • Wiper: Di musim hujan ini wiper membantu pengemudi ketika hujan turun untuk menjaga visibilitas. Untuk itu pastikan wiper berfungsi dengan baik dan karet wiper masih dalam kondisi baik.
  • Kaca Spion: Periksa kaca spion dan pastikan tidak ada yang pecah atau retak.
  • AC: Pastikan AC berfungsi dengan baik, karena kondisi cuaca saat mudik yang panas.

Selain itu, pastikan kendaraan Anda memiliki dokumen seperti SIM, STNK, BPKB, dan asuransi kendaraan yang masih berlaku. 

Baca juga: Tips Mudik Aman Nyaman dengan Mobil

Selain mobil dalam kondisi sehat, driver juga harus dalam kondisi fit untuk melakukan perjalanan jauh. Pastikan tubuh sehat dan fit untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, terlebih jika tidak ada menggantikan menjadi driver selama perjalanan.

Tips otomotif dari Mazda Deta tentang tips aman berkendara saat mudik Nataru, semoga bermanfaat.

Jika berencana membeli mobil Mazda, kamu tidak perlu khawatir lagi, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848
 

Tags: tips otomotif, Mudik

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta