Logo

26 February 2023

Tips Mudik Aman Nyaman dengan Mobil

Artikel

Mazda Deta - Tradisi mudik Lebaran begitu melekat dengan masyarakat Indonesia, kini setelah pandemi COVID-19 berakhir budaya mudik kembali ramai dilakukan kembali dan Anda mungkin salah satu yang melakukannya.

Jarak kampung halaman yang jauh tentu saja menguras banyak tenaga dan menuntut banyak persiapan. Nah bagaimana tips mudik aman dan nyaman dengan mobil agar bisa meminimalisir risiko dari perjalanan jarak jauh ini?

Kali ini kami akan berbagi beberapa tips mudik dengan mobil yang bisa dilakukan untuk membuat perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman Anda lebih nyaman dan aman. Jika Anda akan menghadapi aktivitas mudik tahun ini maka apa yang kami bagikan mungkin akan sedikit membantu Anda.

1. Kondisi Kendaraan dalam Keadaan Baik

Tips mudik aman dan nyaman yang pertama adalah mengecek kondisi kendaraan Anda. Hal ini jelas penting sebagai bagian dari persiapan perjalanan jauh dengan mobil pribadi. Agar pengecekan bisa dilakukan secara tepat dan menyeluruh, Anda bisa membawa mobil yang akan digunakan mudik ke bengkel resmi terdekat.

Hal ini menjadi semakin penting jika mengingat cukup banyak kecelakaan di jalan terjadi akibat kondisi kendaraan kurang layak untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh, seperti mudik. Ingatlah, kondisi mobil merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada keselamatan Anda dan keluarga di kala mudik.

Anda harus mengecek seluruh komponen penting di dalam mobil dan pastikan semuanya dalam kondisi baik. Mulai dari mesin, oli, ban, rem hingga fitur keselamatan seperti air bag perlu diperiksa untuk memastikan tidak ada kerusakan.

Selain memeriksa kondisi mobil dan memperbaiki kerusakan, penting juga untuk menyiapkan kelengkapan tambahan sebagai tindak preventif jika mobil mengalami masalah di perjalanan, seperti ban serep, tuas pembuka kunci roda, dongkrak, atau kabel jumper aki.

Baca juga: Servis Mobil Berkala: Ini Manfaat, Kapan Harus ke Bengkel, dan Sperpart yang Wajib Diganti

2. Jangan Membawa Beban Berlebih

Memasukkan berbagai kebutuhan saat perjalanan mudik jarak jauh juga merupakan keharusan. Namun jangan lupakan bahwa mobil Anda juga punya batas kapasitas maksimal.

Membawa beban muatan yang melampaui kapasitas maksimal akan membuat performa mobil tidak maksimal. Setiap kendaraan memiliki batas kemampuan dalam mengangkut total beban penumpang dan barang, risiko berbahaya jika Anda memaksakan muatan melebihi dari itu.

Tak hanya barang bawaan, jumlah penumpang pun perlu diperhatikan, jangan sampai kapasitas mobil yang hanya bisa mengangkut 5-7 orang, jika saat mudik Lebaran Anda memaksakan membawa penumpang melebihi kapasitas maka bisa dipastikan perjalanan Anda akan tidak nyaman dan bedesakan.

Tak hanya risiko kerusakan, Anda juga berisiko mengalami kecelakaan. Jadi tips mudik nyaman dan aman yang penting untuk diperhatikan adalah memastikan muatan mobil tidak melebihi kapasitasnya.

Modifikasi Mazda Roof Rack Bisa untuk Mudik

3. Membawa Uang Tunai atau Mata Uang Elektronik

Ada baiknya sebelum berangkat mudik, Anda melakukan hitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama perjalanan. Masukkan juga beberapa rupiah ke dalam perkiraan untuk dana darurat atau dana untuk menanggulangi kondisi tak terduga seperti lapar saat macet dan lain sebagainya.

Menghitung tarif tol dari lokasi Anda menuju kampung halaman juga menjadi keharusan pemudik. Pastikan Anda memiliki nominal yang cukup saat berada di pintu tol.

4. Kuota Handphone

Saat ini banyak hal bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone, bahkan beberapa fungsi gadget sangat penting untuk mendukung perjalanan Anda. Contohnya adalah fitur GPS dan Google Maps, walaupun mudik ke kampung halaman yang notabene Anda sudah tahu jalannya, namun aplikasi Google Maps masih cukup penting.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mencari alternatif rute perjalanan. Karena aplikasi penunjuk arah tersebut juga bisa menampilkan kondisi trafik dari jalan yang akan dilalui dan memberi suggest rute baru yang bisa diambil.

Selain Google Maps, aplikasi chatting seperti WhatsApp juga cukup penting selama melakukan perjalanan. Melalui aplikasi tersebut Anda bisa berkabar dengan keluarga yang ada di tempat tujuan atau melakukan komunikasi penting lainnya.

Mengingat pentingnya fungsi smartphone tersebut, maka memastikan kondisi kuota internet aman menjadi tips mudik nyaman dan aman yang perlu Anda lakukan.

5. Persediaan Makanan & Minuman

Ketika kondisi jalanan normal saja jika melakukan perjalanan jarak jauh Anda tetap punya keinginan untuk makan dan minum di jalan. Apalagi dalam aktivitas mudik yang sangat identik dengan kemacetan, Anda dan keluarga pasti lapar atau haus di tengah-tengah padatnya jalanan.

Oleh karena itu, tips mudik nyaman dan aman selanjutnya adalah membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Selain mengobati rasa lapar dan haus ketika macet, pada dasarnya mengemudi dalam kondisi lapar juga cukup berbahaya karena konsentrasi Anda bisa terganggu. Selain itu, banyak berhenti untuk sekedar minum atau ngemil juga membuat Anda lebih lama sampai tujuan. Jadi, membawa roti, cemilan dan minuman menjadi cukup penting saat mudik.

Apalagi jika Anda membawa anak kecil, membawa camilan seperti snack atau permen menjadi bagian penting dalam persiapan perjalanan jauh dengan anak. Setidaknya ngemil bisa sedikit mengobati rasa bosan mereka saat menunggu di tengah kemacetan.

Baca juga: Kapan Ganti Kampas Rem Mobil? Pahami Ini Ciri-cirinya

6. Membawa Perlengkapan Anak

Tak hanya makanan dan minuman, tips agar anak tidak rewel saat perjalanan jauh lainnya adalah membawa perlengkapan yang memadai. Dalam konteks ini seperti tissue kering, tissue basah, diapers, botol minum kesukaan, beberapa mainan favorit, pensil warna dan hal lainnya yang bisa menghibur mereka di tengah perjalanan.

Anda juga bisa memperbanyak pengetahuan tentang games-games seru yang bisa dimainkan bersama selama berada di kendaraan. Bentuk hiburan lainnya seperti koleksi lagu-lagu anak di playlist juga cukup penting. Pastikan Anda membawa perlengkapan anak secara lengkap.

Tambahan tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil adalah membawa stok makanan MPASI yang cukup. Lalu popok, pakaian ganti dan perlengkapan lainnya juga cukup penting dan satukan semua perlengkapan si kecil di satu tas, lalu simpan tas tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

7. Kondisi Tubuh Driver yang Baik

Tips mudik nyaman dan aman berikutnya adalah memastikan mudik dalam kondisi tubuh yang prima. Jangan melakukan perjalanan jauh jika dirasa tubuh Anda kurang fit. Memaksakan hanya akan memperburuk kondisi badan, alih-alih berbahagia di kampung halaman, Anda hanya akan terkapar di sana karena sakit yang semakin parah.

Terlebih jika Anda mengemudi sendiri tanpa supir, kondisi kurang sehat akan sangat mengganggu konsentrasi berkendara. Risiko kecelakaan di perjalanan pun menjadi semakin besar. Sebaiknya undur waktu mudik Anda jika memang dirasa badan kurang fit. Termasuk jika Anda mengantuk, lebih baik berhenti dan beristirahat sejenak baru melanjutkan perjalanan.

Jadi, jika memang punya rencana untuk mudik, Anda perlu menjaga kesehatan dari jauh-jauh hari. Atur pola makan dan tidur dengan sangat baik, agar ketika hari H datang Anda dalam kondisi tubuh terbaik.

8. Waspada dengan Tindak Kejahatan

Tips mudik Lebaran terakhir selalu waspadai berbagai modus kejahatan yang bisa terjadi selama perjalanan.

Misal ketika Anda beristirahat, hindari berada di rest area atau tempat istirahat lainnya sendirian.

Ada banyak modus kejahatan yang mungkin terjadi seperti penipuan dengan modus minta sumbangan, menawarkan makanan kecil dan modus-modus lainnya.

Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik Lebaran

Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan mobil, ada beberapa bagian yang perlu diperiksa untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan. Berikut adalah beberapa bagian mobil yang sebaiknya dicek sebelum mudik Lebaran:

  1. Sistem rem: Pastikan sistem rem berfungsi dengan baik, rem tidak aus, dan kampas rem masih cukup tebal. Rem yang baik adalah kunci keselamatan selama perjalanan.
  2. Ban: Periksa tekanan angin di ban dan pastikan tidak ada yang kempes atau aus. Ganti ban jika sudah menunjukkan tanda-tanda keausan.
  3. Kelistrikan: Pastikan sistem kelistrikan mobil berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, belakang, dan rem. Jangan lupa untuk membawa alat-alat listrik yang diperlukan seperti charger ponsel, power bank dan sebagainya.
  4. Oli: Periksa kadar oli mesin, pastikan masih mencukupi dan oli mesin tidak terlalu kotor.
  5. Radiator: Pastikan cairan pendingin radiator masih cukup dan radiator tidak bocor atau berkarat.
  6. Wiper: Pastikan wiper berfungsi dengan baik dan karet wiper masih dalam kondisi baik.
  7. Kaca Spion: Periksa kaca spion dan pastikan tidak ada yang pecah atau retak.
  8. AC: Pastikan AC berfungsi dengan baik, karena kondisi cuaca saat mudik yang panas.

Pastikan juga membawa alat-alat darurat seperti ban serep, kunci roda, kabel jumper, dan sebagainya. Selain itu, pastikan kendaraan Anda memiliki dokumen seperti SIM, STNK, BPKB, dan asuransi kendaraan yang masih berlaku. Semoga perjalanan mudik Anda aman dan menyenangkan!

Nah, itu dia beberapa tips mudik nyaman dan aman yang bisa Anda lakukan. Persiapkan segala perlengkapan perjalanan jauh dengan mobil sebaik-baiknya, jaga kondisi tubuh dan selalu hati-hati selama perjalanan. Semoga mudik Anda tahun ini lancar tanpa hambatan apapun, ya!

Temukan promo dan booking servis di Dealer Mazda Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta