Logo

17 March 2023

Cara Merawat Wiper Mobil Agar Optimal dan Awet

Artikel

Mazda Deta - Cara merawat wiper mobil merupakan pengetahuan teknis yang harus diketahui oleh setiap pemilik mobil.

Sering dianggap sepele, nyatanya komponen ini berperang penting dalam memberikan visibilitas yang optimal bagi pengendara saat hujan.

Pemilik kendaraan umumnya langsung mengganti karet wiper bila dirasa telah mengeras, namun sangat sedikit yang tau cara merawat dan membersihkan wiper mobil dengan benar agar berfungsi dengan maksimal.

Cara merawat wiper mobil

Sebagai pengendara mobil, tentunya kamu harus mengetahui komponen-komponen penting di dalam mobilmu dan cara merawatnya. Salah satunya adalah mengetahui cara merawat wiper mobil.

Berikut ini cara merawat wiper mobil agar awet dan berfungsi secara optimal, yuk simak!

Cara merawat wiper mobil

Baca juga: Cara Merawat Radiator Mobil, Kenali Fungsi dan Jenisnya

1. Rutin Mengecek Kondisi Karet Wiper

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah rutin mengecek kondisi karet wiper.

Bila menemukan kondisi karet wiper yang telah mengeras atau telah retak, maka disarankan untuk segera melakukan penggantian karet wiper.

Karet wiper yang telah mengeras atau retak tidak akan bekerja maksimal, dan bila dibiarkan dalam jangka panjang akan merusak permukaan kaca mobil.

2. Jangan Gunakan Wiper Saat Kondisi Kering

Wiper didesain untuk digunakan saat kaca mobil dalam kondisi basah.

Menggunakan wiper saat kaca mobil dalam kondisi kering akan menyebabkan karet wiper cepat aus dan permukaan kaca mobil menjadi baret.

Jika ingin membersihkan permukaan kaca mobil yang kering, pastikan kamu menyemprotkan air terlebih dahulu.

Hal ini selain memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh karet wiper, juga mencegah kaca mobil mengalami baret.

3. Gunakan Cairan Khusus Wiper

Selama ini pemilik mobil yang saya temui umumnya mengisi air keran biasa pada tangki wiper. Namun, sejatinya terdapat produk cairan khusus wiper mobil.

Cairan khusus wiper memiliki komposisi kimia yang bekerja optimal untuk membersihkan kaca mobil dan juga memberikan kelembapan yang awet untuk karet mobil.

Cairan ini akan melicinkan permukaan kaca mobil sehingga pergerakan wiper berfungsi dengan maksimal, menghindarkan kaca mobil tergores.

Baca juga: Bahan Pembersih Jamur Kaca Mobil

4. Lumasi Connecting Rod

Wiper tidak hanya terdiri dari komponen tuas dan karet saja. Hal yang paling sering dilupakan pemilik kendaraan adalah melumasi connecting rod atau poros wiper.

Bagian poros wiper memiliki peran penting untuk menjaga pergerakan wiper saat diaktifkan.

Oleh karena itu, cek kondisi poros wiper dan berikan pelumas agar wiper mobil berfungsi dengan maksimal saat digunakan.

5. Bersihkan Karet Wiper Secara Rutin

Saat digunakan, Wiper menyapu apapun yang terdapat di permukaan kaca mobil.

Seiring waktu debu dan kotoran akan menumpuk sehingga dapat menyebabkan kemampuan membersihkan wiper akan berkurang, selain itu hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada karet wiper jika biarkan terus-menerus.

Untuk menjaga usia dan mencegah karet wiper mengeras maka kamu perlu membersihkannya secara rutin.

Hal ini selain untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk pada karet dan tuas wiper, juga untuk memberikan kelembapan pada karet wiper. Terutama pada musim kemarau.

Cara Merawat Wiper Mobil

Kapan Wiper Mobil Harus Diganti?

Wiper mobil harus diganti ketika sudah tidak lagi efektif membersihkan kaca mobil dengan baik. Tanda-tanda bahwa wiper perlu diganti antara lain:

  1. Kualitas kinerja yang menurun: Jika wiper mobil tidak lagi membersihkan kaca dengan baik dan meninggalkan garis-garis atau noda pada kaca, maka wiper tersebut mungkin sudah tidak lagi efektif.
  2. Bising atau suara yang tidak normal: Jika wiper membuat suara kasar atau berderak saat digunakan, itu bisa menjadi tanda bahwa wiper sudah aus atau kaku.
  3. Kondisi fisik yang buruk: Jika wiper terlihat patah, aus, atau sobek, maka itu adalah tanda yang jelas bahwa wiper harus segera diganti.

Secara umum, sebaiknya wiper mobil diganti setiap enam bulan sampai satu tahun tergantung pada frekuensi penggunaan dan kondisi lingkungan tempat mobil digunakan.

Jika Anda merasa ragu tentang kondisi wiper mobil Anda, sebaiknya periksakan ke bengkel atau toko suku cadang mobil terdekat untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Itulah tadi tips otomotif dari Mazda Deta cara merawat wiper mobil yang harus diketahui oleh setiap pemilik mobil. Semoga bermanfaat! Jika berencana membeli mobil Mazda, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Service resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta