Logo

09 April 2023

Cara Nyetir saat Puasa, Biar Nggak Emosian

Artikel

Mazda Deta - Mobilitas saat bulan puasa memang akan menjadi lebih berat daripada biasanya. Peningkatan aktivitas masyarakat ini kerap menyebabkan beberapa jalan di lokasi tertentu menjadi tersendat.

Bagi Anda yang berkendara tentu fenomena ini menjadi halangan yang cukup berat.

Meski begitu, tetap penting menjaga emosi dalam situasi apapun demi menjaga ibadah puasa tetap berjalan dengan baik serta tidak mengganggu ketertiban.

Ibadah puasa tidak hanya menahan lapar dan haus, puasa juga harus menahan diri agar tidak mudah emosi.

Mungkin orang yang berpuasa akan lebih emosian saat berkendara. Tapi, pengendara yang sedang berpuasa sebaiknya tidak mudah terpancing emosi demi kelancaran ibadahnya.

Orang yang emosi malah gampang melakukan kesalahan kecil tapi fatal. Seperti menyenggol mobil lain yang tidak terlibat masalah.

Baca juga: Tips Mengemudi Mobil saat Berpuasa

Dikutip dari berbagai sumber inilah cara nyetir biar nggak emosian, yuk simak!

Cara nyetir biar nggak emosian

1. Datang lebih awal

Pastikan untuk mempertimbangkan tujuan dan usahakan untuk berangkat lebih awal agar tidak terburu-buru dalam perjalanan.

Berangkat lebih awal dapat menghindarkan Anda dari kemacetan. Saat berpuasa, usahakan agar menghindari serangan kantuk di siang hari.

Untuk menghindari serangan kantuk, upayakan agar tidak menyetel suhu AC mobil terlalu dingin yang dapat menambah rasa kantuk.

2. Kendalikan emosi di jalan

Saat tubuh dalam kondisi lapar dan dahaga, godaan emosi cenderung meningkat lantaran kekurangan cairan.

Emosi di jalan raya dapat dipicu karena kemacetan atau jalanan terlalu padat. Selain itu, usahakan untuk tidak terpancing emosi saat berkendara agar tidak melanggar aturan lalu lintas

Baca juga: Cara Agar Kantuk Hilang saat Berkendara di Bulan Puasa

3. Istirahat yang cukup

Puasa membuat orang lebih cepat lelah dan emosi dapat meningkat saat berkendara.

Oleh karena itu, ketika ingin berkendara ketika puasa, ada baiknya meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup agar tetap fokus selama di jalan.

Hal penting lainnya yang harus dipersiapkan agar perjalanan aman dan lancar adalah dengan mempersiapkan kendaraan yang dipakai.

Upayakan untuk memastikan AC mobil berfungsi dengan normal supaya suasana dalam kabin terasa sejuk dan nyaman.

Selain itu, periksa tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kemudian, hal yang harus dicek lainnya adalah memastikan cairan kendaraan tidak habis atau masih dalam kondisi baik.

4. Pilih rute perjalanan dengan baik

Pilih rute berkendara dengan bijak dan usahakan untuk menghindari jalanan macet atau padat. Jika memungkinkan manfaatkan peta digital untuk mencari rute terbaik.

5. Siapkan bekal buka puasa di mobil

Usahakan untuk selalu membawa bekal untuk berbuka puasa di dalam mobil. Hal ini sangat bermanfaat jika terjebak kemacetan.

Sediakan makanan dan minuman non soda dan kafein yang tidak terlalu panas dan dingin. Persiapkan juga makanan yang tidak mudah mengotori kabin.

Tips otomotif dari Mazda Deta tentang cara menyetir mobil saat puasa agar tidak emosian, semoga bermanfaat.

Jika berencana membeli mobil Mazda, kamu tidak perlu khawatir lagi, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: tips otomotif, Mudik

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta