Logo

05 March 2023

Kelebihan Mobil Hatchback yang Jarang Diketahui Orang

Artikel

Mazda Deta - Mobil hatchback sering menjadi pilihan bagi keluarga kecil dan orang yang aktif dan dinamis karena desainnya yang mudah digunakan dan penggunaannya yang fleksibel.

Hatchback biasanya memiliki bentuk yang lebih ramping dan kompak dibandingkan sedan, dengan area kabin dan area kargo yang lebih terintegrasi. Mobil hatchback umumnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan cocok untuk penggunaan di perkotaan.

Ada beberapa alasan kelebihan jenis mobil hatchback lebih disukai dengan beberapa pertimbangan keunggulannya.

Apa Itu Mobil Hatchback?

Mobil hatchback adalah jenis mobil yang compact dengan pintu belakang yang terintegrasi dengan bagian belakang mobil dan bisa dibuka ke atas, sehingga memberikan akses ke area kargo yang lebih luas dan mudah diakses.

Makanya sering kali mobil hatchback disebut juga dengan sebutan sedan tanpa ekor. Dengan dimensi yang terbilang kecil namun memiliki kekunggulan yaitu performa tinggi dengan desain yang sangat kekinian.

Sering kali mobil hatchback disamakan dengan jenis mobil city car. Namun, kedua jenis mobil ini ternyata berbeda.

Kelebihan Mobil Hatchback

Ada beberapa alasan dan aspek yang jadi faktor kelebihan dari jenis mobil ini sehingga diminati dan disukai oleh kebanyakan orang.

Berikut kelebihan dan keunggulan mobil hatchback dan alasan orang lebih memilih mobil hatchback dibanding yang lain:

1. Area kargo yang luas

Dibandingkan dengan mobil jenis sedan, mobil hatchback memiliki area kargo yang lebih luas dan lebih mudah diakses karena memiliki pintu belakang yang terintegrasi dengan bagian belakang mobil.

Ini membuat mobil hatchback sangat cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti berbelanja dan bepergian dengan barang bawaan yang lebih banyak.

Baca juga: Perbedaan Mazda CX-5 Elite dan Kuro

2. Desain yang lebih ramping dan compact

Mobil hatchback umumnya lebih ramping dan compact dibandingkan dengan sedan, sehingga lebih mudah untuk dikendarai dan diparkir di ruang yang lebih kecil.

Desain yang compact dan ramping juga membuat mobil hatchback lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

3. Desain yang modern dan sporty

Mobil hatchback sering memiliki desain yang modern dan sporty, yang membuatnya cocok bagi orang yang ingin tampil stylish dan dinamis.

Desainnya yang menarik dan trendi juga menjadikannya pilihan yang populer di kalangan anak muda.

4. Mudah dikendalikan atau bermanuver 

Mobil hatchback adalah jenis mobil yang juga dirancang untuk aktivitas dalam perkotaan, selain jenis mobil city car. Mobil ini dirancang untuk cocok mengarungi jalanan perkotaan yang relatif mulus. Model mobil ini masih mampu mengarungi jalanan perkotaan yang kadang tidak terduga seperti berlubang atau macet di jam-jam sibuk.

Bodi mobil hatchback yang ramping dengan interior yang cukup lapang, mampu memudahkan mobil untuk melakukan manuver di jalanan.

Apalagi sudah banyak jenis mobil ini yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang berteknologi tinggi. Manuver lebih terkontrol sehingga risiko kecelakaan bisa semakin dihindari.

Mobil hatchback biasanya lebih ringan dibandingkan dengan mobil SUV atau MPV, sehingga lebih mudah dikendalikan dan bermanuver di jalan yang padat.

5. Dimensi mobil yang kecil

Jika kita melihat secara langsung, jenis mobil hatchback bisa dibilang kecil dan ringkas sehingga manuvernya nyaman untuk melewati jalanan dan kemacetan di kota. Manuver dari mobil hatchback juga terbilang aman karena meski kecil masih terlihat kokoh untuk digunakan.

Baca juga: Fitur Unggulan Teknologi yang Ada di Mazda CX-5 Elite

6.Mudah untuk mencari tempat parkir

Masih terkait dengan dimensinya yang kecil, jenis mobil ini tentu memudahkan pemiliknya untuk mencari dan meletakkan kendaraannya di tempat parkir. Biasanya mobil dengan dimensi besar akan lebih sulit dalam hal parkir. Tapi hal ini bisa lebih diminimalisir dengan menggunakan jenis mobil ini.

7. Harga yang lebih terjangkau

Mobil hatchback biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis mobil lain seperti SUV atau MPV. Ini membuat mobil hatchback menjadi pilihan yang lebih ekonomis bagi orang yang mencari mobil dengan harga yang terjangkau.

8. Efisiensi bahan bakar yang lebih baik

Karena desain yang lebih ramping dan ringan, mobil hatchback biasanya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan dengan mobil yang lebih besar dan berat. Ini membuat mobil hatchback menjadi pilihan yang baik bagi orang yang mencari mobil dengan biaya operasional yang lebih rendah.

9. Performa mesin

Jika dilihat dari mesin dan kenyamanannya, mobil hatchback punya performa mesin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis mobil city car. Sehingga sebagai pengendara akan lebih mantap saat menggunakannya.

Tentu dengan performa mesin yang lebih tinggi, harganya punya lebih jika dibandingkan dengan harga city car. Namun, rasanya tentu sebanding jika performa yang diberikan lebih dan mampu memenuhi kebutuhan keluarga.

Jenis Mazda Hatchback

Di Indonesia, Mazda saat ini memasarkan satu model mobil hatchback, yaitu Mazda2 Hatchback.

Mazda2 Hatchback adalah mobil hatchback subkompak yang cukup populer di pasar Indonesia karena desainnya yang stylish dan performanya yang unggul.

Baca juga: Mengenal Teknologi SKYACTIV Mazda dan Keunggulannya

Mazda2 Hatchback tersedia dalam beberapa varian, antara lain:

Mazda2 Hatchback R AT

1. Mazda2 Hatchback R AT:

varian ini dilengkapi dengan mesin 1.5L SKYACTIV-G yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 111 PS dan torsi sebesar 144 Nm. Dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-percepatan, varian ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti fitur i-Activsense, sistem infotainment MZD Connect, dan lampu depan LED.

2. Mazda2 Hatchback GT AT:

varian ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan varian R AT, lampu kabut LED, kamera parkir belakang, dan sensor parkir belakang. Selain itu, varian ini juga dilengkapi dengan interior yang lebih mewah, seperti jok kulit dan trim depan krom.

Untuk detail harga dan spesifikasi MAZDA 2 GT klik di sini.

Kedua varian Mazda2 Hatchback tersebut memiliki desain yang sporty dan modern, serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih dan performa mesin yang handal.

Mazda2 Hatchback menjadi pilihan yang tepat bagi orang yang mencari mobil hatchback yang ekonomis dan efisien, namun tetap memiliki performa yang baik dan tampilan yang menarik.

Tags: Mazda 2, Harga Mazda 2, Spesifikasi Mazda 2

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta