14 January 2024
Mazda Deta - Sederhana tapi penuh makna merupakan ungkapan yang pas untuk nama dan logo Mazda. Logo yang dibuat Mazda Motor Corporation ini memiliki makna filosofis di dalamnya.
Pada awalnya perusahaan yang didirikan oleh Jujiro Matsuda dengan nama Toyo Cork Kogyo Co Ltd pada tahun 1920, di Kota Hiroshima, Jepang adalah produsen peralatan mesin. Hingga akhirnya bisa membuat kendaraan sendiri pada 1931.
Kendaraan yang pertama kali dibuat Toyo adalah sebuah truk 3-roda yang diberi nama Mazda-Go. Perusahaan ini kemudian mengubah nama dari Toyo Cork Kogyo menjadi Mazda, tepatnya Matsuda Kabushiki-gaisha atau Mazda Motor Corporation.
Dikutip dari Brand Fabrik, nama Mazda ini diambil dari nama Jujiro Matsuda yang dalam pengucapan orang Eropa menjadi Mazda.
Selain terinspirasi dari nama Jujiro Matsuda, nama Mazda ini juga diambil dari nama dewa “Ahura Mazda“. Dalam kepercayaan Zoroaster Ahura Mazda adalah sosok dewa harmoni, kecerdasan, dan kebijaksanaan.
Penamaan ini selain ditafsirkan oleh Mazda sebagai simbol awal peradaban Timur dan Barat, tetapi juga simbol peradaban dan budaya di industri otomotif.
Logo Mazda mengalami sejumlah evolusi sejak awal berdirinya pada 1920. Sebelum logo seperti yang sekarang dengan bentuk oval dengan lapisan huruf “V” yang terlihat seperti burung, logo Mazda sebagai perusahaan otomotif sudah berganti sebanyak 7 kali. Namun, jika dihitung dari awal berdirinya Toyo Cork Kogyo Co Ltd maka lebih dari 10 kali.
Perubahan tersebut meliputi bentuk logo dan wordmark atau logo berbentuk teks. Berikut ini evolusi logo Mazda.
Awalnya Toyo Cork Kogyo saat menjadi perusahaan peralatan mesin memiliki logo yang mirip dengan shuriken (senjata wajib bagi para ninja) pada 1920. Logo ini kemudian diubah dari yang awalnya abstrak menjadi lebih sederhana, yakni sebuah lingkaran berwarna merah pada 1928.
Lalu pada 1931 berubah menjadi wordmark alias logo teks Mazda ditempatkan di atas lambang berlian Mitsubishi, menampilkan tiga bentuk belah ketupat yang terhubung di sudut-sudutnya.
Pada 1934 Mazda menggunakan logo di surat resmi perusahaan berbentuk wordmark Mazda yang kemudian menjadi identitas mereka sebagai perusahaan otomotif. Logo ini kemudian dipakai sejak debut kendaraan pertama, Mazda-Go, truk 3-roda.
Logo ini hanya berusia 2 tahun. Mazda kembali membuat logo baru yang terinspirasi dari tempat mereka berasal, yaitu Hiroshima. Logo ini berbentuk triple “M” yang merupakan singkatan dari Mazda Motor Manufacturer.
Lalu bentuk garis seperti sayap ini menyiratkan kecepatan dan kelincahan mobil mereka serta visi untuk mendapatkan popularitas yang meroket. Logo ini cukup lama bertahan, hingga digunakan lebih dari 20 tahun.
Setelah hampir lebih dari 20 tahun, Mazda merombak total logo mereka dari logo yang dibentuk dari garis dengan logo dengan wordmark “MAZDA”. Logo ini merupakan versi lebih sederhana dari yang sebelumnya.
Logo ini menempatkan font huruf besar yang menyempit dalam tipe sans-serif memiliki garis tebal di dua huruf “A” sehingga membuatnya menonjol.
Mazda kembali mengubah namun masing menggunakan wordmark. Logo inilah memiliki desain yang saat ini banyak orang ketahui. Yak, logo ini memiliki keunikan di mana dua huruf A menggunakan huruf kecil dan M, D, dan Z menggunakan huruf besar. Huruf Z yang berada di tengah merupakan elemen yang paling mencuri perhatian.
Baca juga: Kenapa Mazda Kualitasnya Bisa Setara dengan Mobil Eropa? Ini Sejarahnya
Di tahun 1991 dan 1992 Mazda menambahkan logo di bagian atas tulisan Mazda. Pada 1991 logo bagian atas berbentuk oval berwarna biru yang di dalamnya ada bentuk diamond yang melambangkan sinar matahari dan inovasi. Lalu pada 1992 bentuk diamond diubah menjadi lebih langsing dan bulat. Untuk warna dan font masih sama dengan versi 1991.
Pada 1997, Mazda memperkenalkan versi pertama dari logo yang dikenal orang saat ini. Logo ini berbentuk M pada latar belakang oval dengan desain bertekstur metalik.
Bentuk oval yang sejatinya dimaksudkan untuk mewakili huruf “M” ini tampakseperti sepasang sayap, yang mencerminkan pemikiran merek yang fleksibel dan kreatif.
Wordmark tahun 70an juga muncul pada versi logo ini, di bawah emblem. Pewarnaan biru cerah membantu menonjolkan kesan kebebasan dan keterbukaan yang diciptakan oleh keseluruhan gambar.
Logo inilah yang hingga 2024 ini kita lihat melekat di mobil-mobil Mazda. Lalu apa makna dari logo Mazda ini?
Seperti disebutkan di awal sederhana tapi penuh makna memang pas untuk menggambarkan logo Mazda. Bentuk oval pada lencana membantu mewakili rasa kebersamaan dan pertumbuhan global, sedangkan bentuk “V” di tengah dapat memiliki sejumlah arti.
Beberapa orang percaya bahwa bentuk V yang melengkung melambangkan sayap untuk terbang, sementara yang lain merasa itu hanyalah cara gaya untuk menunjukkan huruf “M” untuk Mazda.
Apabila lebih dekat pada logo Mazda, terlihat satu set kaki untuk huruf “M” yang menempel dan menyatu dengan bagian oval lainnya.
Penggunaan warna seperti perak dan biru menonjolkan gagasan kecanggihan, kreativitas, modernitas, dan kepercayaan-semuanya merupakan elemen penting bagi sebuah merek mobil.
Jika berencana membeli mobil Mazda, kamu tidak perlu khawatir lagi.Temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848
Tags: Mazda, sejarah Mazda
29 February 2024
ArtikelSangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.
28 February 2024
ArtikelTahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.