Logo

22 July 2023

Sejarah Mazda, Produsen Penyumbat Botol yang Menjelma Menjadi Pabrikan Otomotif

Artikel

Mazda Deta - Mazda merupakan pabrikan otomotif asal Jepang yang masih mengibarkan benderanya di dunia hingga saat ini. Pada 30 Januari 1920, Jujiro Matsuda (1875-1952) membentuk Toyo Cork Kogyo.

Perusahaan ini menjadi cikal bakal lahirnya mobil pertama bernama Mazda. Mengawali bisnisnya di Hiroshima, awal mulanya Toyo Cork Kogyo dikenal sebagai produsen pembuat penyumbat botol Pada 1927, perusahaan mulai merambah memproduksi peralatan mesin, hingga akhirnya berhasil membuat mobil perdananya.

Tak semua kisah berjalan manis, perusahaan ini juga pernah menghadapi kebangkrutan dan diselamatkan oleh Hiroshima Saving Bank.

Beberapa tahun kemudian, Toyo Cork Kogyo mulai membuat desain perdananya. Pada 1931, Toyo akhirnya mempu mengembangkan salah satu produk ikonik pertamanya yang diberi nama Mazda-Go, sebuah kendaraan roda tiga menyerupai sepeda dan dilengkapi bak untuk mengangkut barang di belakangnya. Mazda-Go merupakan produk keluaran pertama yang berhasil dikembangkan Toyo ketika itu.

Perusahaan itu juga mengubah namanya dari Toyo Cork Kogyo menjadi Mazda. Nama ini berasal dari "Ahura Mazda“, dewa harmoni, kecerdasan, dan kebijaksanaan dari peradaban paling awal di Asia Barat dalam kepercayaan Zoroaster.

Toyo Cork Kogyo tak hanya menafsirkan Mazda sebagai simbol awal peradaban Timur dan Barat, tetapi juga simbol peradaban dan budaya di industri otomotif.

Setelah mampu menghadirkan kendaraan roda tiga, Mazda berinovasi untuk membuat mobil. Namun, rencana pengembangan mobil dihentikan selama Perang Dunia II, terutama akibat pengeboman Hiroshima, kota tempat perusahaan berada.

Baca juga: Fitur Keselamatan, Teknologi Ini Hanya Dimiliki Mazda

Selama perang, Mazda menghasilkan banyak senjata untuk digunakan oleh militer Jepang dalam periode 1940-an.

Mereka bertanggung jawab atas produksi seri 30 hingga 35 senapan Tipe 99. Pada 1950-an, Mazda mulai membuat truk-truk kecil beroda empat dan mulai menjualnya ke publik.

Hingga pada era 1960-an, mobil penumpang pertamanya, R360 Coupe berhasil diperkenalkan.

Dua tahun kemudian, muncul varian lain yaitu, Mazda Carol. Tujuh tahun kemudian, Mazda meluncurkan mobil bermesin rotari pertamanya, Cosmo Sport 1105, hasil kerja sama dengan mitra perusahaan.

 

Pasar Amerika dan Dunia

Tak puas dengan pasar lokal, Mazda melebarkan saya dan masuk ke pasar Amerika Serikat pada 1970.

Upayanya dimulai lewat R100 Coupe, mobil bermesin rotari pertama yang diproduksi secara massal di AS. Pada 1978, Mazda RX-7, sebuah mobil sport yang terjangkau dan berkinerja tinggi memulai debutnya, dilanjutkan dengan RX-8. Pada 1970-an, Ford Motor Company mengakuisisi 24,5 persen saham Mazda.

Keduanya lalu berhasil menciptakan truk Bongo dan Titan untuk dijual menggunakan merek Ford. Pasarnya sebagian besar di wilayah Pasifik dan Asia.

Memasuki era 1989, Mazda meluncurkan produk MX-5 Miata mobil sport dua pintu, dengan banderol harga awal 13.800 dolar AS.

Pada 1991 Mazda mencetak tonggak sejarah lain bagi perusahaan. Mobil Mazda 787 B memenangkan perlombaan Le Mans, dan menjadi mobil bertenaga rotari pertama serta mobil buatan Jepang pertama yang melakukannya.

Menurun Mesin Mazda Skyactive (Caradvice). Namun, Mazda terkena dampak kemerosotan ekonomi di Jepang pada 1990-an.

Pada 1996, Ford mengambil alih saham dan menyelamatkannya dari potensi kebangkrutan.

Kedua perusahaan berbagi fasilitas manufaktur di beberapa negara bersama dengan platform kendaraan dan sumber daya lain.

Baca juga: Kenapa Mazda Kualitasnya Bisa Setara dengan Mobil Eropa? Ini Sejarahnya

Pada 2008, Ford, yang rugi akubat krisis ekonomi global dan penjualan mobil yang merosot, melepaskan kendali atas Mazda dengan menjual 20 persen saham atau senilai 540 juta dollar AS.

Pada 2009, Mazda merayakan ulang tahun ke-20 MX-5 Miata, yang penjualannya saat itu telah mencapai hampir 900 ribu unit. Produk itu juga telah memenangkan hampir 180 penghargaan.

Pada 2010, Ford menurunkan kepemilikannya menjadi hanya 3 persen. Meski demikian, kedua perusahaan tetap bersama dalam berbagai usaha patungan di masa depan.

Kemudian, pada 2015, Ford menjual sisa saham mereka ke Mazda. Setelah transaksi itu, Mazda menandatangani perjanjian baru dengan Toyota Company untuk membentuk kemitraan.

Mazda bertanggungjawab untuk memasok teknologi mesin hemat bahan bakar ke Toyota dengan imbalan beberapa sistem sel bahan bakar hidrogen milik Toyota dapat digunakan Mazda.

Itulah tadi tentang sejarah Mazda, dari produsen penyumbat botol yang menjelma menjadi pabrikan otomotif. Semoga bermanfaat! Jika berencana membeli mobil Mazda, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Service resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

 

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta