Logo

15 March 2023

Tanda-tanda Ban Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Artikel

Mazda Deta - Seiring pemakaian, performa ban mobil pasti bakal berkurang. Kalau sudah seperti itu, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan spooring ataupun balancing. Apa saja ciri-ciri ban mobil perlu dilakukan spooring dan balancing?

Pemilik atau pengendara mobil mungkin pernah merasakan mobil yang mengalami getaran berlebih saat dikendarai dengan kecepatan tinggi, terutama ketika berada di jalan tol.

Apabila ini terjadi, saatnya Anda memperhatikan kendaraan lebih baik, karena kondisi tersebut menandakan bahwa salah satu ban mobil sudah tidak stabil dan memerlukan spooring ataupun balancing.

Pengertian Spooring dan Balancing

Spooring adalah proses pengecekan dan penyesuaian sudut dan posisi roda pada kendaraan agar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pabrik atau produsen.

Spooring umumnya dilakukan pada kendaraan yang sering digunakan atau mengalami gejala seperti roda mobil terasa bergoyang, mobil tidak melaju lurus, atau ban mobil aus secara tidak merata. Spooring dilakukan untuk memastikan roda kendaraan berada pada posisi yang tepat dan seimbang, sehingga mengurangi keausan ban dan memperpanjang masa pakai kendaraan.

Baca juga: Servis Mobil Berkala: Ini Manfaat, Kapan Harus ke Bengkel, dan Sperpart yang Wajib Diganti

Spooring juga dapat meningkatkan kenyamanan dalam berkendara dan menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan.

Bagi yang belum tahu, balancing adalah sebuah proses penyeimbangan antara titik atas dan bawah, serta kanan dan kiri ban kendaraan, dengan menambahkan bobot supaya menjadi lebih seimbang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban kehilangan kestabilan, pada faktor internal misalnya karena ada masalah pada sistem suspensi akibat tidak meratanya distribusi beban pada keempat ban.

Sementara faktor eksternal dipicu oleh kebiasaan menyetir yang kurang baik, seperti pengereman mendadak, yang mengakibatkan ban menjadi tak seimbang.

Tanda-tanda Ban yang Memerlukan Spooring dan Balancing

Mazda Spooring dan Balancing

Berikut tanda-tanda ban yang sudah memerlukan spooring dan balancing:

1. Mobil Tidak Nyaman saat Dikendarai

Mobil kerap belok sendiri ke arah kanan atau kiri, terutama saat sedang menyetir lurus di kecepatan 50 km/jam.

Atau saat mobil sedang diparkir, salah satu bannya berbelok sendiri ke arah kanan atau kiri.

Ban yang sudah tak stabil juga dapat kehilangan sebagian traksinya, yang dapat mengakibatkan munculnya beberapa spot wear di permukaan ban, hingga mengganggu komponen suspensi.

2. Ban Mobil Terasa Bergoyang

Mobil bergetar saat melaju pada kecepatan tinggi. Bahkan dalam keadaan yang parah kemudi kendaraan terasa bergetar atau bergoyang-goyang saat digunakan. Tanda mobil bergoyang tersebut biasanya tidak melaju lurus dan terus-menerus membutuhkan koreksi kemudi saat digunakan.

Kemudian saat melakukan pengereman, kendaraan terasa tidak stabil atau miring ke satu sisi atau saat melakukan pengereman kemudi kendaraan terasa bergetar atau goyang-goyang.

3. Bahan Bakar Cepat Habis

Mobil kerap kehabisan bahan bakar secara tiba-tiba, bahkan setelah dilakukan pengisian.

Hal ini terjadi karena ban kehilangan sebagian dari kemampuan traksi, sehingga mesin harus menggunakan lebih banyak tenaga untuk menggerakkan mobil.

Biasanya mobil juga kerap mengeluarkan suara mendesis seiring dengan meningkatnya kecepatan.

Baca juga: Arti dan Fungsi Lampu Indikator pada Mobil Mazda

4. Permukaan Ban Tidak Merata

Keausan yang tidak merata dapat menyebabkan umur ban jadi lebih pendek sehingga penggunaan ban tidak maksimal.

Para ahli menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena tekanan angin atau keausan pada permukaan ban sudah tidak merata, sehingga hanya satu sisi ban saja yang bergesekan dengan aspal dan terkikisnya lapisan tersebut.

Saat melakukan servis kendaraan, mintalah teknisi untuk memeriksa kondisi ban mobil. Biasanya mereka akan meletakkan mobil di permukaan rata agar dapat mengamati setiap sisinya.

Kempisnya salah satu ban dapat menjadi penyebab kendaraan menjadi tidak stabil.

Itulah tanda-tanda ban mobil perlu spooring dan di-balancing.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda-tanda ini, sebaiknya segera membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk diperiksa dan dilakukan spooring dan balancing agar kondisi roda dapat disesuaikan dan diperbaiki. Spooring dan balancing dilakukan secara bersamaan untuk memastikan roda kendaraan berada pada posisi yang tepat dan seimbang, sehingga mengurangi keausan ban dan memperpanjang masa pakai kendaraan.

Service resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta