Logo

18 March 2023

Tips Berkendara Mobil yang Aman Ketika Musim Hujan

Artikel

Mazda Deta - Musim hujan masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Menjalani aktivitas sehari-hari dengan mobil pribadi menjadi pilihan rasional di tengah-tengah cuaca ekstrem itu.

Namun juga perlu diperhatikan, tips-tips berkendara mobil yang aman selama musim hujan.

Perlu dicatat, dalam beraktivitas sehari-hari di musim hujan membutuhkan persiapan tersendiri, mulai persiapan fisik karena membutuhkan konsentrasi ekstra, kondisi mobil, hingga teknik mengemudi yang baik.

Berikut tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan seperti dikutip dari berbagai sumber, yuk simak!

Persiapan diri

1. Kondisi tubuh dalam keadaan fit

Pastikan kondisi kesehatan tubuh kamu tetap fit, karena merupakan aspek terpenting dalam beraktivitas, terlebih ketika akan berkendara.

2. Sedia payung di dalam mobil

Pastikan ada payung dalam mobil, karena tempat tujuan tidak selalu memiliki pelindung atap kanopi, sehingga dapat melindungi tubuh dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

3. Mengenakan baju yang tebal

Membawa atau menggunakan baju hangat ketika akan berkendara. Untuk berjaga-jaga, kamu juga dapat menyediakan alas kaki atau sandal cadangan di dalam mobil.

Baca juga: Tips Hadapai Jalan Rusak dan Berlubang Selama Musim Hujan

Tips berkendara mobil yang aman selama musim hujan

Persiapan kendaraan

1. Periksa kondisi ban

segera ganti jika karet ban sudah tipis. Alur ban yang masih bagus dapat meminimalisir risiko melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika hujan.

2. Cek kondisi karet wiper

Komponen ini penting dalam menyapu air dalam menjaga visibilitas ketika berkendara. Periksalah komponen ini secara berkala, dan gantilah dengan yang baru di bengkel resmi bila kondisi sudah getas dan sapuannya tidak bersih.

3. Lampu kendaran

Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi dengan baik. Komponen ini akan sangat membantu dalam memberikan visibilitas baik bagi kamu atau pengendara lainnya.

Selama berkendara

1. Nyalakan lampu ketika hujan deras

karena pandangan di jalanan biasanya kurang jelas, sehingga lampu kendaraan dapat membantu dan memberi tanda bagi pengendara di sekitar.

2. Jaga jarak

Selalu jaga jarak, dan kecepatan dengan kendaraan lain agar dapat bereaksi terhadap manuver pengendara lain yang mendadak, terutama ketika menghindari genangan air, jalanan rusak, dan hambatan eksternal lainnya.

3. Tidak menyalakan lampu hazard

Tidak menyalakan lampu hazard ketika hujan, karena dapat mengganggu konsentrasi dan menyulitkan pandangan pengendara lain, khususnya di belakang kita yang dapat mengurangi kepekaan saat akan memperlambat, dan berpindah jalur atau berbelok arah.

Baca juga: Agar Mobil Tidak Karatan dan Kusam, Ini Cara Mencegahnya

4. Pakai gigi rendah bila melewati jalan yang tergenang

Bila harus melewati jalan yang tergenang, jangan panik tetap tenang, pakai gigi rendah dan putaran mesin (rpm) yang stabil. Karena ditakutkan kondisi kendaraan seperti mobil kehilangan daya cengkeram sehingga kehilangan kendali atau yang disebut aquaplaning.

5. Hindari rem mendadak

Rem mendadak saat hujan dapat menyebabkan ban terkunci dan menyebabkan mobil tergelincir atau bahkan kecelakaan.

6. Jangan menggunakan handphone

Jangan menggunakan handphone saat mengemudi. Saat berkendara, fokuslah pada jalan dan lingkungan sekitar Anda. Menggunakan handphone saat mengemudi dapat mengalihkan perhatian Anda dan meningkatkan risiko kecelakaan.

7. Tetap tenang dan waspada.

Terkadang, kondisi jalan dan cuaca yang buruk dapat membuat kita merasa cemas dan tidak nyaman saat berkendara. Tetap tenang dan fokus pada tugas Anda sebagai pengemudi untuk memastikan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

Itulah tips otomotif dari Mazda Deta tentang bekendara yang aman disaat musim hujan tiba dan selalu hati-hati dalam berkendara. Jika berencana membeli mobil Mazda, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Service resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta