Logo

14 September 2023

Pengertian Overhaul, Fungsi dan Komponennya

Artikel

Mazda Deta - Ada baiknya Anda melakukan overhaul mobil jika usianya sudah cukup tua. Berikut adalah penjelasan apa itu overhaul serta komponen apa saja yang biasanya dilakukan overhaul.

Overhaul adalah proses perbaikan atau pemeliharaan menyeluruh pada komponen-komponen utama sebuah kendaraan mobil dengan sangat teliti. Proses ini meliputi pembersihan, perbaikan, dan penggantian komponen yang sudah aus atau rusak agar kendaraan dapat kembali berfungsi dengan baik.

Pengertian overhaul

Seperti yang telah dibahas di atas, overhaul adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan proses atau perbaikan ekstensif pada suatu sistem atau komponen untuk memulihkan atau meningkatkan kinerjanya. Istilah ini paling sering digunakan dalam konteks perawatan dan perbaikan kendaraan, mesin, atau peralatan mekanis lainnya.

Baca juga: Mengenal Link Stabilizer, Fungsi dan Tanda-tanda Kerusakan

Dalam konteks yang paling umum, "overhaul" biasanya merujuk pada pemeliharaan yang sangat komprehensif dan menyeluruh. Ini mungkin termasuk melepas, memeriksa, membersihkan, memperbaiki, dan menggantikan komponen-komponen yang aus atau rusak.

Overhaul bertujuan untuk memastikan bahwa sistem atau komponen tersebut berfungsi seperti baru atau bahkan lebih baik setelah selesai melakukannya.

Contoh penggunaan umum dari istilah "overhaul" termasuk:

  1. Overhaul pada komponen mesin kendaraan: Ini adalah proses di mana mesin kendaraan bongkar, diperiksa, dan diperbaiki atau diganti komponen-komponennya untuk memastikan kinerjanya optimal.
  2. Overhaul pada pesawat terbang. Di mana proses yang sangat ketat dan terperinci di mana pesawat dibongkar, diperiksa, dan diperbaiki secara menyeluruh untuk memastikan keamanan dan kinerja yang tinggi.
  3. Overhaul perangkat komputer: Melibatkan pembersihan, pembaruan, atau penggantian perangkat keras dan perangkat lunak untuk memperbarui atau meningkatkan kinerja sistem komputer.
  4. Overhaul mesin industri: Melibatkan perawatan menyeluruh pada mesin industri untuk memastikan operasi yang efisien dan aman.
  5. Overhaul peralatan olahraga: Dalam olahraga seperti sepak bola, rugby, alat alat fitnes di gym, dan lain-lain, overhaul bisa berarti pemeliharaan mendalam pada perlengkapan dan fasilitas.

Jadi, secara umum, overhaul adalah proses perawatan atau perbaikan yang sangat menyeluruh dan komprehensif untuk memastikan bahwa suatu sistem atau komponen berfungsi dengan baik.

Komponen mobil apa yang dilakukan overhaul?

Beberapa komponen penting pada mobil yang sering mengalami overhaul termasuk:

1. Mesin

Proses overhaul mesin meliputi pembersihan, penggantian bagian yang aus seperti piston, ring piston, bearing, klep, dan sebagainya.

2. Transmisi

Overhaul transmisi melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti cincin gesek, bantalan, dan gigi yang aus.

3. Sistem Pengereman

Overhaul sistem rem meliputi pembersihan dan penggantian komponen seperti piringan rem, blok rem, dan sistem hidrolik.

Baca juga: Cara Menghindari Karat pada Kerangka Kendaraan

4. Suspensi

Proses overhaul pada suspensi meliputi pembersihan dan penggantian komponen seperti per, bantalan per, baut, dan bushing.

Pengertian overhaul dan fungsi

5. Sistem Bahan Bakar

Overhaul sistem bahan bakar dapat meliputi pembersihan dan penggantian komponen seperti injektor, pompa bahan bakar, dan filter bahan bakar.

6. Sistem pendinginan

Overhaul sistem pendinginan melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti radiator, kipas, termostat, dan selang pendingin.

7. Sistem Keistrikan

Proses overhaul pada sistem listrik termasuk pembersihan dan penggantian komponen seperti kabel, busi, alternator, dan aki.

8. Kopling

Overhaul kopling melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti cakram, pelat tekan, dan bearing kopling.

Baca juga: 6 Cara untuk Mengemudi Lebih Hemat BBM

9. Sistem Knalpot

Overhaul sistem knalpot melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti pipa knalpot, katalisator, dan peredam suara.

10. Sistem Kemudi

Proses overhaul pada sistem kemudi melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti rack and pinion, power steering pump, dan komponen terkait lainnya.

11. Sistem AC

Overhaul sistem AC melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti kompresor, evaporator, kondensor, dan selang-selangnya.

12. Sistem Transmisi Otomatis

Overhaul transmisi otomatis melibatkan pembersihan dan penggantian komponen seperti torque converter, valve body, dan cincin segel.

Harap diingat bahwa proses overhaul ini biasanya dilakukan oleh mekanik yang terlatih dan berpengalaman.

Itulah tadi otomotif dari Mazda Deta tentang apa itu arti overhaul, fungsi, dan komponennya. Semoga bermanfaat! Jika berencana membeli mobil Mazda, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Service resmi mobil Mazda, temukan promo, diskon, dan booking servis di Dealer Mazda Terlengkap di Lampung Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat. Customer Service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848

Tags: tips otomotif, bengkel Mazda

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta