Logo

22 September 2023

Sering Tertukar, Ini Perbedaan Mobil MPV dan SUV

Artikel

Mazda Deta - Tentu saja pasar terbesar di Indonesia ditempati oleh kedua jenis mobil SUV dan MPV. Meski MPV dan SUV menjadi mobil yang paling banyak dicari, namun tidak semua orang, terutama masyarakat awam, memahami perbedaan keduanya.

Nyatanya konsumen sering merasa bingung perbedaan SUV dan MPV. Padahal sejatinya antara MPV dan SUV merupakan mobil berbeda.

MPV (Multi-Purpose Vehicle) dan SUV (Sport Utility Vehicle) adalah dua jenis kendaraan yang sering digunakan untuk transportasi keluarga atau bepergian dengan kapasitas penumpang yang lebih besar daripada sedan biasa.

Baca juga: Perbedaan Mazda CX-5 Elite dan Kuro

Meskipun keduanya dirancang untuk penggunaan sehari-hari dan memiliki kelebihan masing-masing, terdapat beberapa perbedaan kunci antara keduanya:

Ciri-ciri mobil MPV

1. Desain dan Kapasitas Penumpang

MPV biasanya memiliki desain yang lebih ramping dan tinggi di bagian belakang untuk memberikan ruang tambahan di dalam kabin. Mereka cenderung lebih rendah daripada SUV.

MPV dirancang khusus untuk mengakomodasi lebih banyak penumpang lebih banyak dari pada SUV.

2. Kemampuan Off-Road

Karena pada dasarnya MPV adalah mobil keluarga, MPV umumnya tidak dirancang untuk penggunaan off-road yang berat. Mereka lebih cocok untuk penggunaan di jalan raya dan dalam kota.

3. Konsumsi Bahan Bakar

MPV cenderung lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar daripada SUV dengan ukuran yang serupa.

MAZDA CX-8 ELITE salah satu mobil jenis MPV Mazda

MAZDA CX-8 ELITE salah satu mobil jenis MPV Mazda

4. Manuverabilitas

MPV cenderung lebih mudah untuk diparkir dan manuver di ruang terbatas karena desainnya yang lebih ramping.

Baca juga: Kenali Perbedaan Facelift dan All New pada Dunia Otomotif

5. Fleksibilitas dan Ketersediaan Ruang Kargo

MPV cenderung memiliki interior yang lebih fleksibel dengan kursi belakang yang dapat dilipat atau diatur ulang untuk meningkatkan ruang kargo jika diperlukan. MPV dapat memiliki konfigurasi kursi yang fleksibel untuk menyesuaikan jumlah penumpang dan ruang kargo.

Contoh mobil MPV pada Mazda adalah Mazda MVP, Mazda8, Mazda Biante, dan Mazda CX-8

Klik link berikut https://mazda-deta.co.id/product/mazda-cx-8-elite untuk mengetahui lebih detail tentang kenyamanan dari Mazda CX-8

Ciri-ciri mobil SUV

1. Desain dan Kapasitas Penumpang

SUV biasanya memiliki desain yang lebih kokoh dan tinggi. Mereka cenderung memiliki ketinggian tanah yang lebih tinggi, yang memberikan kemampuan off-road yang lebih baik.

SUV juga dapat mengakomodasi banyak penumpang, tetapi biasanya memiliki lebih sedikit kursi dibandingkan MPV dengan kategori yang sama.

2. Kemampuan Off-Road

SUV dirancang untuk memiliki kemampuan off-road yang lebih baik. Mereka sering dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda dan fitur-fitur off-road yang canggih.

Biasanya pada mobil ini memiliki kata "Sport" yang bisa diartikan tangguh disegala medan.

MAZDA CX-5 salah satu mobil jenis SUV Mazda

MAZDA CX-5 salah satu mobil jenis SUV Mazda

3. Konsumsi Bahan Bakar

Karena menawarkan performa yang tinggi, mobil SUV cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan MPV dengan ukuran yang serupa, terutama jika digunakan terutama di jalan raya.

Baca juga: Perbedaan Mesin SOHC dan DOHC serta Kelebihan dan Kekurangan

4. Kekuatan dan Daya Tahan

SUV cenderung lebih kuat dan tahan terhadap kondisi jalan yang buruk atau cuaca ekstrem, membuatnya lebih cocok untuk petualangan di luar jalan raya.

5. Ketersediaan Ruang Kargo

Meskipun SUV biasanya memiliki ruang kargo yang cukup besar, beberapa model mungkin memiliki ruang kargo yang lebih terbatas daripada MPV dengan konfigurasi kursi yang serupa.

Contoh mobil SUV pada Mazda adalah Mazda CX-5, Mazda CX-50, dan Mazda CX-60

Klik link berikut https://mazda-deta.co.id/product/mazda-cx-5-elite untuk mengetahui lebih detail tentang performa dari Mazda CX-5.

Penting untuk diingat bahwa ada berbagai varian dan model MPV dan SUV, jadi karakteristik spesifik dapat bervariasi tergantung pada merek, model, dan tahun pembuatan kendaraan.

Sebelum ada membeli kendaraan alangkah baiknya sesuikan dahulu dengan kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan medan jalan, akomodasi, dan ukuraan. Konsultasikan dengan seles kami, dealer mobil Mazda dan kami akan siap untuk membantu Anda.

***

Itulah tadi tips otomotif dari Mazda Deta tentang perbedaan mobil MPV dan SUV serta ciri-ciri kedua mobil tersebut. Semoga bermanfaat!

Kunjungi dealer mobil Mazda terkemuka di Lampung dan Jakarta. Lampung: Jl. ZA. Pagar Alam No. 154, Gedong Meneng, Bandar Lampung dan Jakarta:  Jl.Kramat Raya No 158, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat untuk melakukan perawatan berkala pada mobil mazda Anda.

Mazda Deta memiliki berbagai macam kendaraan Mazda baru dan berkualitas, dan tim kami yang ramah dapat menjawab semua pertanyaan Anda, hubungi kami di customer service Mazda Pagar Alam : 0821 5500 4848.

Tags: tips otomotif

Promo

Artikel lainnya

29 February 2024

Artikel

10 Peralatan dan Aksesoris yang Wajib Ada dalam Mobil

Sangat penting untuk selalu bersiap menghadapi keadaan tak terduga yang mungkin terjadi sepanjang perjalanannya. Artikel ini akan membahas peralatan penting yang harus selalu ada di mobil.

Selengkapnya

28 February 2024

Artikel

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi, Kapan Waktunya Harus Diganti

Tahukah Anda perbedaan oli gardan dan oli transmisi? Artikel berikut ini akan membahas perbedaan oli gardan dan oli transmisi, serta tanda-tandanya oli gardan dan oli transmisi harus diganti.

Selengkapnya

Chat
Kami


Test
Drive


Simulasi
Kredit
Copyright © 2022 Mazda Deta